Satu Hati, Satu Niat, Satu Langkah & Satu Tujuan Menuju BAITULLAH

Satu Hati, Satu Niat, Satu Langkah & Satu Tujuan Menuju BAITULLAH

MAJELIS RINDU BAITULLAH | SAMBUT 1 MUHARRAM 1443 H

Kategori : Inspirasi, Kegiatan Haji, Ditulis pada : 10 Agustus 2021, 11:00:34

"Majelis Taklim Rindu Baitullah" menggelar Shalat tasbih, zikir  dan doa bersama menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1443H. Acara menyambut tahun baru Islam ini dihadiri oleh ratusan jamaah dengan tetap melaksanana prokes sesuai anjuran pemerintah.

Dalam menyambut tahun baru Islam ini, kita melaksanakan shalat tasbih, zikir dan doa bersama. Acara yang dibuka oleh Ibu Nova Damayanti SH (pembawa acara) pada pukul 08:30 wib.

Bapak Hartono (pengurus BKM Al Hidayah) dalam sambutannya menjelaskan, pelaksanaan shalat tasbih, zikir dan doa bersama ini dilaksanakan di Masjid  Al Hidayah Jalan Dwikora  Tanjong Rejo, medan sunggal.  ini merupakan kehormatan bagi kami dengan dipilihnya masjid al hidayah sebagai tempat pelaksanaan. dan kami dari BKM Al Hidayah beserta seluruh jamaah sangat mendukung dan berterima kasih kepada 3mitraplus group.

Screenshot_20210813-190130_Gallery.jpg

Ibu Nurwati mewakili jamaah, mengajak seluruh jamaah untuk mengikuti acara ini dengan penuh kekhusukan, dan kiranya dapat dilaksanakan berkelajutan dan berkesinambungan dimasa-masa yang akan datang.

Shalat Tasbis, Zikir & dan Doa bersama dipimpin oleh Ustadz Ir H Muslim Guree Harun SE MSc (Fouder 3mitraplus group sekakaligus pendiri Masjelis Taklim Rindu Baitullah) diikuti seluruh jamaah yang hadir bersama BKM Al Hidayah dan seluruh panitian, pasa Rabu (19/8/2020).

Screenshot_20210813-190109_Gallery.jpg

H Muslim Guree Harun, dalam tausyiahnya menjelaskan. Islam memiliki 12 bulan dalam satu tahun yang empat bulan di antaranya adalah bulan yang paling dimuliakan oleh Allah SWT atau yang kerap disebut bulan haram.

Keempat bulan haram tersebut ialah bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Para ahli tafsir menjelaskan bahwa amalan ibadah selama bulan haram, pahalanya akan dilipatgandakan. Hal ini berlaku untuk amalan buruk di empat bulan haram tersebut juga akan dilipatgandakan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir yang menjelaskan, "Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa di samping melipatgandakan perbuatan baik."

Selain itu, tahun baru Islam juga memiliki makna mendalam dan spesial bagi umat muslim. Berikut tiga makna Tahun Baru Islam.

1. Hijrahnya Nabi Muhammad
1 Muharram juga diperingati sebagai pengingat peristiwa penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah yang kemudian melahirkan agama Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya.
Nabi Muhammad SAW memutuskan hijrah setelah memperoleh wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarkan ajaran Islam ke masyarakat.

2. Bentuk Perjuangan Nabi Muhammad dan Para Sahabat
Tahun baru Islam juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis. Bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.

3. Intropeksi diri
Pergantian tahun baru Islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah. Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu, dengan adanya tahun baru Islam, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan.

Sekaligus memikirkan apa yang harus diperbaiki dan amalan apa yang harus ditinggalkan di tahun mendatang.
Itulah makna-makna Tahun Baru Islam yang perlu kita ketahui.

Akhirnya pada jam 11:30 wib dikaksanakan acara makan bersama, seluruh jamaah berbahagia, terharu.
HM. Mufazhal Muslim (Koord Acara), Izza Maulida (Koord Kosumsi) dan M Muammar Muslim (Koord Dekumntasi). memlngucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung mendukung suksesnya acara ini. Tak ketinggalan Ibu Nova Damayanti (Pengurus MT Rindu Baitullah) & Bapak Hartono (BKM Al Hidayah).

Link video kegiatan dibawah ini : 

https://youtu.be/4RVVG_3xX94

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id