Satu Hati, Satu Niat, Satu Langkah & Satu Tujuan Menuju BAITULLAH

Satu Hati, Satu Niat, Satu Langkah & Satu Tujuan Menuju BAITULLAH

Apa beda Haji & Umrah

Kategori : Kisah Inspirasi, Ditulis pada : 09 Juli 2019, 12:50:53

Ritual haji merupakan serapan dari syariat yang dijalankan para nabi terdahulu. Nabi yang tercatat dalam sejarah pernah melaksanakan haji antara lain Nabi Adam AS.

Dalam Islam, haji adalah rukun Islam yang kelima. Karena rukun, sifatnya wajib untuk dilaksanakan. Namun demikian, tidak semua Muslim terkena kewajiban haji. Hanya mereka yang masuk kriteria mampu baik fisik, kondisi, maupun keuangan yang diharuskan melaksanakannya.

Islam juga mengenal ibadah yang memiliki kemiripan dengan haji. Ibadah itu adalah umroh. Keduanya dilaksanakan di tempat yang sama dengan rukun yang mirip.

Hukum Haji dan Umroh

Dikutip dari NU Online, perbedaan pertama berkaitan dengan hukum. Para ulama menyatakan haji hukumnya wajib dan disepakati oleh semua mazhab.

Sementara hukum umroh masih diperselisihkan ulama. Jumhur ulama menyatakan sunah, namun ada yang menetapkannya wajib.

 Berbeda Rukun

Perbedaan kedua berkaitan dengan rukun. Dalam haji, rukun adalah penentu sah tidaknya haji. Artinya rukun tidak boleh ditinggalkan serta tidak bisa diganti dengan dam atau denda.

Rukun haji sendiri ada lima yaitu niat ihram, wuquf di Arafah, thawaf, sa'i, dan tahalul atau memotong rambut.

Sedangkan rukun umroh ada empat. Rukun tersebut yaitu niat ihram, thawaf, sa'i, dan tahalul.

Waktu Pelaksanaan dan Kewajiban

Perbedaan ketiga berkaitan dengan waktu pelaksanaan. Haji dilaksanakan pada waktu yang sempit dan terbatas yaitu mulai awal Syawal hingga waktu subuh tanggal 10 Zulhijjah.

Untuk waktu umroh bisa kapan saja. Bisa pula dilakukan pada bulan-bulan mulia terutama Ramadan.

Sedangkan perbedaan keempat yaitu kewajiban. Dalam haji, terdapat lima kewajiban yang apabila ditinggalkan dapat diganti dengan dam yaitu niat ihram dari miqat, menginap di Muzdalifah, menginap di Mina, tawaf wada' serta melempar jumrah.

Sedangkan kewajiban umroh hanya ada dua. Niat Ihram dan menjauhi larangan-larangan ihram.

Doa Ihram Memulai Haji dan Umroh

Menyambut datangnya bulan Zulhijjah. Bulan ini juga dikenal dengan Bulan Haji. Ini karena puncak dari ibadah haji terdapat di bulan tersebut. Tepatnya saat wukuf di Arafah pada 9 Zulhijjah. Mereka akan berada di Mekah dan Madinah untuk melaksanakan prosesi ibadah haji.

Ketika hendak berhaji, tentu harus melaksanakan ihram atau niat haji. Ihram juga berlaku untuk ibadah umroh, yang dilakukan di miqat atau tempat dimulainya prosesi ibadah.

Nah....Haji & Umrah adalah ibadah wajib bagi umat muslim, karena pilihan terbaik adalah yang terpanggil  dari kita.....

 

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id